Berbagi Pengetahuan Pendidikan


Senin, 06 Januari 2014

Kurikulum 2013

Sebelum melangkah jauh untuk mengetahui tentang kurikulum 2013, kita harus tau APA ITU KURIKULUM? Istilah yang sangat sepele untuk diungkapkan, mungkin anda dapat menjelaskan apa itu kurikulum, tapi sangat sulit untuk dikeluarkan penjelasannya dari pikiran anda. Seperti pertanyaan "Apa itu Matematika?" Jelas, Pertanyaan ini tidak perlu dijawab.

Banyak pendapat menegenai defenisi kurikulum. Berbagai pendapat dari penjelasan mengenai kurikulum dapat disimpulkan, bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.

Dari kesimpulan diatas, jelas bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dalam hal kegiatan pembelajaran. Kata kurikulum pertama kali dipakai untuk kegiatan olahraga lari yang dimulai dengan start dan diakhiri dengan finish. Sama bukan dengan kegiatan pembelajaran?

Kurikulum 2013 sebenarnya tidak berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Misal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum ini djalankan brbasis kompetensi. Kurikulum 2013 juga dijalankan dengan sistem KBK. Sama saja bukan? Jadi apa yang membuatnya beda???

Salah satu perbedaan kurikum 2013 dengan sebelumnya terletak pada penekanan Sikap dan Spritual peserta didik.Karena kita ketahui, bahwa semakin lama peserta didik tidak memiliki sikap sebagai peserta didik. Misal, tidak dapat menghargai guru dan teman. jika dibiarkan, ini akan membawa dampak negatif pada diri siswa dan lingkungan.

Didalam Kurikulum 2013 memiliki komponen, yaitu:
  • Visi, Misi dan tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan
  • Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, untuk SMK/MAK Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 (Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK
  • Pengaturan beban belajar (Paket atau SKS)
  • Kalender pendidikan

7 komentar:

  1. waduh kurikulum 2013 sampai sekarang belum kelar2 apalagi K-13 untuk SMK kejuruan teknik Audio Video.. ada Standart kompetensinya tapi KDnya belum ada.. gawat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia om.. temen temen elektronika saya juga masih kewalahan mencari Kompetensi dasarnya om. karena elektronika jurusan langkah sekarang

      Hapus
  2. semoga kurikulum bukan hanya alasan agar bisa mencairkan anggaran gede dari kemendiknas

    BalasHapus
  3. kunjungan perdana ni gan...
    salam kenal ya

    BalasHapus
  4. Kontennya Manteb - Manteb Gan. Sukses Selalu.

    Salam Kenal Ya Bradher. Di Tunggu Visit Backnya Gan Visit Back KORAN GRATIS

    BalasHapus

Blogger Sejati Adalah Yang Meninggalkan JejaK Dengan Komentar.. Ok! Sobat Akan Mendapat Back Link..